Tuesday, January 20, 2009

Kiat Hidup Bahagia


kenapa kita masih belum bahagia, sementara mentari senja sudah mulai memerah, menandakan akan tenggelam, kita masih kasak - kusuk mencari sebuah kebahagian,penderitaan datang silih berganti namun kebahagian tak kunjung datang,kenapa?
inilah sebuah rahasia kebahagian :
  1. selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah,melaksanakan perintahnya dan menjahui diri dari segala maksiat,serta menentang hawa nafsu dan ajakan syaitan.
  2. perbanyaklah membaca Al-Qur'an karena dengan membaca Al-Qur'an hati kita akan jadi tenang.

  3. lupakanlah orang - orang yang menyakiti hati kita,ingatlah kebaikan - kebaikan yang pernah dilakukanya sebab selama kita masih mengingat keslahan orang lain selama itu pula hati kita tidak akan pernah mendapat ketenangan.

  4. bersyukurlah karena dengan bersyukur Allah akan menambah nikmatNya kepada kita,lihatlah yang ada. Begitu banyak orang yang hidup serba keterbatasan,tetapi mereka masih bisa senyum dan bahagia.

  5. perbanyaklah sedekah, karena dengan sedekah akan menolak bencana dan juga memuliakan diri seseorang,harta benda yang kita miliki sebenarnya adalah titipan dan Allah akan mengambil kapan Dia mau,kenapa kita harus takut untuk bersedekah.

  6. perbanyaklah berdo'a jangan berputus asa dari rahmat Allah, teruslah optimis dan berdoa dengan penuh harapan,InsyaAllah akan dikabulkan.

  7. bacalah buku karna buku adalah gerbang ilmu pengetahuan,dengan banyaknya ilmu dada kita akan menjadi lapang,kebodohan akan tersingkir.

  8. berusahalah dalam menggapaai impian,tidak ada yang tidak bisa didunia in selagi kita mengatakan "bisa" . Dipuncak sana kesuksesan selalu menunggu kita, berjuanglah.

  9. kemaskanlah penampilan kita, pakailah yang bersih - bersih,pakai pewangian,sebuah pepatah arab "pakaianmu menentukan siapa kamu sebelum duduk dan ilmumu menentukan siapa kamu setelah duduk" .

  10. tersenyumlah,hidup hanya sekali bahkan hidup juga terlalu singkat jangan kita persingkat lagi dengan kesedihan - kesedihan,kegelisahan,kemurungan,selalu cerialah dalam hidup ini dan tersyenyumlah....

  11. ingatlah kematian,persiapkanlah bekal untuk kembali kekampung halaman kita,sudah seberapa banyak bekal yang kita kumpul,kebaikan apa saja yang baru kita lakukan,jangan pernah ridha sedikit dalam hal ibadah dan agama. "Sebaik - baik ingat adalah mengingat kematian"(hadis).

salam semoga selalu bahagia...nikmatilah hidup ini.......

No comments: